Rabu, 01 Februari 2012

DEVELOPING CONTRIES

DEVELOPING CONTRIES

Istilah negara yang sedang berkembang merupakan sbutan bagi negara-negara yang belum maju atau negara yang masih berkembang. dikatakan negar yang sedang berkembang (developing contries) karena negara ini sedang berusaha keras untuk mengembangkan diri dengan melakukan pembangunan ekonomi guna meningkatkan kemakmurannya. Negara-negara yang sedang brkembang ini sebagian besar berada di Benua Asia dan Afrika. dikatakan negara yang masih terbelakang (Under developing contries) karena negara-negara ini umumnya belum merupakan negar industri dan masih merupakkan negara agraris. Negara ini juga sering disebut negar-negara dunia ketiga.
Ciri-ciri umum Negara yang miskin atau negra yang sedang berkembang sesuai kutipan Irwan dan Suparmoko(1974: 29-32) ada enam macam yaitu:
1. Sebagai Produsen barang-barang Primer
   Ciri pertama negara-negara sedang berkembang adalah produsen barang-barang primer, dimana sebahagian besar penduduknya bekerja disektor primer dan hanya sebagian kecil yang bekerja disektor sekunder maupun tersier. Produksi primer adalah produksi yang berasal dari pertanian, kehutanan, perikanan, dan pertambangan.
2. Sumber-sumber Alam Belum Dikembangkan
     Sumber-sumber alam belum dikembangkan yang disebabkan oleh rendahnya kualitas sumberdaya manusia, kurangnya modal dan teknologi. Sumber-sumber alam ini belumbanyak diusahakan, sehingga masih merupakan sumber potensial dan belum menjadi sumber riil yang dapat dimanfaatkan untuk mepercepat pelaksanaan pembangunan.
3. Menghadapi Tekanan Penduduk
    Tekanan penduduk ini dapat berbentuk jumlah pertambahan penduduk yang pesat, tingkat kelahiran bayi yang tinggi, jumlah pengangguran yang tinggi serta besarnya angka ketergantungan.
4. Penduduknya Masih Terbelakang
    Penduduknya masih terbelakang yakni kualitas penduduk sebagai tenaga kerja atau faktor produksi masih rendah, ketyerampilannya rendah, kurang efisien dan tidak mudah meninggalkan tempat kelahirannya sehingga mobilitasnya masih rendah.
5. Kurangnya Capital
    Adanya kekurangan modal ini dikarenakan rendahnya investasi sebagai akibat rendahnya tingkat tabungan masyarakat. Tingkat tabungan yang rendah disebabkan oleh tingkat penghasilan atau pendapatan sebagai akibat tingkat produktivitas yang rendah pula. Rendahnya produktivitas disebabkan oleh kurangnya modal.
6. Orientasi Perdagangan Keluar Negeri
    Berorientasi pada perdgangan luar negeri, tergantung pada perdagangan luar negeri. Dengan baranga-barang yang diekspor sebagian besar merupakan barang-barang produksi primer. Jenis barang-barang yang diekspor umumnya tidak banyak serta kebanyakan masih merupakan bahan mentah. Ekspor produksi barang-barang primer bukan disebabkan terjadinya surplus atau kelebihan produksi melainkan karena kurangnya kemampuan dan teknologi untuk mengolah produksi barang-barang primer atau barang jadi atapun setengah jadi.


0 komentar:

Poskan Komentar