Kamis, 15 Desember 2011

Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi adalah proses kegiatan penelitian dan pengembangan produk baru maupun produk lama yang nanti akan dan telah di produksi perusahaan. Penelitian ini mengenai produk apa yang digemari, bagaimana kemasan yang menarik, dan produk apa saja yang disukai, sedangkan kalau pengembangan adalah kegiatan perusahaan untuk mengembangkan produk lama agar lebih menarik lagi dan mempunyai kegunaan yang bertambah dari produk semula. Tujuan perencanaan produk berarti secara garis besar merencanakan bagaimana tindakan yang akan dilakukan untuk memproduksi produk baru yang laku dijual dan bagaimana kalau produk lama sudah mencapai  tahap kejenuhan sehingga perlu dikaji lebih lanjut agar laku dijual dipasar.

Perencanaan produk dilakukan 2 tempat yaitu perencanaan produk yang dilakukan dengan meneliti lapangan (survai pasar dan konsumen ) baru kemudiaan perencanaan produk tersebut dimatangkan di laboratorium. Dengan meneliti lapangan perusahaan diharapkan sudah menggunakan secara kasar tentang keadaan pasar, segmen pasar, manfaat produk, kualitas, warna yang disukai konsumen. Kemudian dari data-data yang diperoleh dilapangan diteliti dan dikembangkan dilaboratorium perusahaan sehingga tercipta produk baru.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan produk adalah sebagai berikut:

  •  Manfaat produk bagi konsumen,
  • Permintaan pasar,
  • Potensi pasar,
  •  Kemungkinan pengembangan produk dimasa yang akan datang,
  • Kekuatan pesaing, dan sebagainya.
Adapun keputusan-keputusan yang menyangkut kegiatan produksi berkaitan dengan masalah-masalah pokok yang meliputi:

  • Jenis barang yang akan dibuat, misalnya; desain, metode pembuatan, pembuatan barang.
  • Jumlah barang yang akan dibuat
  • Penentuan perlatan yang akan dipakai. 
_____________
Perencanaan Produksi

1 komentar:

  1. weiiitsss....banyak memberi banyak keuntungan, mantabb nih blog.

    BalasHapus