Senin, 19 Desember 2011

Targeting Pemasaran

1

            Targeting adalah proses  pemilihan target dan mencocokkan reaksi  pasar  dengan  kebutuhan  dasar,  kemampuan  daya  beli dan  keterbatasan  yang  dimiliki.  Sebelum  sebuah produk,  usaha atau  jasa  diluncurkan  ke  masyarakat,  pemilihan  target  setelah segmentasi  adalah  sebuah  keharusan.  Sebuah  produk  atau  jasa tidak dapat memasuki semua segmen di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan
sebuah proses. Targeting, Kejelian pemilihan target market yang tepat akan mempermudah masuknya sebuah produk baru. Apalagi dengan kondisi bahwa produk baru tersebut belum mempunyai pesaing.

Point of View
            Dalam MarkPlus on Strategy, Hermawan Kartajaya menegaskan bahwa dengan menggunakan Targeting, perusahaan akan dapat memilih satu atau lebih pasar yang akan dituju, di samping untuk dapat menempatkan sumber daya yang dimilikinya secara efektif. Targeting sebagai fitting strategy (strategi  penempatan  produk) mempunyai  empat  kriteria  utama,  yaitu:  besarnya  ukuran  pasar (size),  pertumbuhan  pasar  (growth), keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang dimiliki oleh perusahaan dan situasi persaingan (competitive situation) yang dihadapi oleh perusahaan. Dengan  melakukan  targeting  sebuah  perusahaan  tidak  akan membabi buta menyerang pasar dengan segala kemampuan
------------------------------------
gambar di ambil dari http://www.leadsplease.com/affiliates/shared/images/target_market.jpg

0 komentar:

Poskan Komentar