1
Targeting adalah proses pemilihan target dan mencocokkan reaksi pasar dengan kebutuhan dasar, kemampuan daya beli dan keterbatasan yang dimiliki. Sebelum sebuah produk, usaha atau jasa diluncurkan ke masyarakat, pemilihan target setelah segmentasi adalah sebuah keharusan. Sebuah produk atau jasa tidak dapat memasuki semua segmen di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan
sebuah proses. Targeting, Kejelian pemilihan target market yang tepat akan mempermudah masuknya sebuah produk baru. Apalagi dengan kondisi bahwa produk baru tersebut belum mempunyai pesaing. Point of View
Dalam MarkPlus on Strategy, Hermawan Kartajaya menegaskan bahwa dengan menggunakan Targeting, perusahaan akan dapat memilih satu atau lebih pasar yang akan dituju, di samping untuk dapat menempatkan sumber daya yang dimilikinya secara efektif. Targeting sebagai fitting strategy (strategi penempatan produk) mempunyai empat kriteria utama, yaitu: besarnya ukuran pasar (size), pertumbuhan pasar (growth), keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang dimiliki oleh perusahaan dan situasi persaingan (competitive situation) yang dihadapi oleh perusahaan. Dengan melakukan targeting sebuah perusahaan tidak akan membabi buta menyerang pasar dengan segala kemampuan
------------------------------------
gambar di ambil dari http://www.leadsplease.com/affiliates/shared/images/target_market.jpg
0 komentar:
Posting Komentar