Senin, 19 Desember 2011

Positioning Pemasaran


            Positioning adalah  bagaimana  menempatkan  produk  Anda ke  dalam  benak customer secara  luas,  sehingga  akan  tertanam dalam  benak pasar bahwa  perusahaan Anda  adalah  definisi dari kategori  produk  yang  Anda  jual. Positioning, bukan  bagaimana kita menempatkan produk atau jasa dalam pasar, bukan sebatas pandangan pasar akan produk atau jasa yang akan kita tawarkan dan  tidak melihat pada  besar atau  kecilnya  pangsa pasar, tetapi positioning benar-benar berhubungan dengan benak atau dalam hal  ini perseption (persepsi). Positioning adalah  bagaimana  kita ingin  pelanggan  kita  mengingat  produk  atau  jasa  yang  kita tawarkan.

            Bagaimana  caranya  membuat  produk  yang  Anda  jual mendapatkan gelar persepsi akan satu katagori tertentu’. Karena  persepsi  sangat  menentukan  kekuatan  sebuah  produk  dalam benak customer. Ketepatan  dalam  melakukan positioning sangat diperlukan untuk menciptakan paradigma perseption is reality.
            Biasanya,  para manager pemasaran  dalam  usaha  mereka untuk  menanamkan positioning produk mereka  ke  dalam  benak  masyarakat  adalah  dengan  menjelaskan  produk  mereka  seluas mungkin  pada  semua  orang.  Penanaman  pengertian  bahwa produk  kami  dapat  digunakan  oleh  siapa  pun  dalam  kondisi apa  pun  menjadi  pemikiran  yang  utama. Padahal positioning yang  sempit  akan  lebih  efektif  pada  benak customer, sehingga produk yang  ditawarkan  akan  dipercaya  sebagai  solusi  bagi satu permasalahan  juga menjadi  solusi pada  sebuah  segmen dimarket.

Point of View
            Positioning adalah  janji dan  janji adalah  sesuatu  yang  harus ditepati untuk menjaga kredibilitas perusahaan di mata konsumen. Banyak  perusahaan  yang  kurang  memperhatikan  akan  hal  ini sehingga  dengan  dalih  ingin  menaikkan  jumlah  pendapatan. Banyak  perusahaan  yang  mengambil  jalan  memperluas  lini  atau  mencoba  segmen  baru  yang  menurut  mereka  mampu mendatangkan keuntungan. Namun, bukannya keuntungan yang mereka  peroleh,  malah  kehancuran  dan  hilangnya  kredibilitas masyarakat akan merek yang mereka miliki.
--------------------------------------
gambar di ambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIKUkV45ERqv5Dy4QREBsAfmR2P0n7a6uCvu0eedcLWe0hFiFN4U8WwkXzeSFo6TMrySQxHTptoB4IfoRVH8jX7H0yJFYPjIN0tmyO13Nhu7fDAof5Zf8xAPzMnKY-KJ-10gZSxhZ8p0E/s1600/Rebel-Brown-Quote-Positioning.jpg

0 komentar:

Posting Komentar