Positioning adalah bagaimana menempatkan produk Anda ke dalam benak customer secara luas, sehingga akan tertanam dalam benak pasar bahwa perusahaan Anda adalah definisi dari kategori produk yang Anda jual. Positioning, bukan bagaimana kita menempatkan produk atau jasa dalam pasar, bukan sebatas pandangan pasar akan produk atau jasa yang akan kita tawarkan dan tidak melihat pada besar atau kecilnya pangsa pasar, tetapi positioning benar-benar berhubungan dengan benak atau dalam hal ini perseption (persepsi). Positioning adalah bagaimana kita ingin pelanggan kita mengingat produk atau jasa yang kita tawarkan.
Bagaimana caranya membuat produk yang Anda jual mendapatkan gelar persepsi akan satu katagori tertentu’. Karena persepsi sangat menentukan kekuatan sebuah produk dalam benak customer. Ketepatan dalam melakukan positioning sangat diperlukan untuk menciptakan paradigma perseption is reality.
Biasanya, para manager pemasaran dalam usaha mereka untuk menanamkan positioning produk mereka ke dalam benak masyarakat adalah dengan menjelaskan produk mereka seluas mungkin pada semua orang. Penanaman pengertian bahwa produk kami dapat digunakan oleh siapa pun dalam kondisi apa pun menjadi pemikiran yang utama. Padahal positioning yang sempit akan lebih efektif pada benak customer, sehingga produk yang ditawarkan akan dipercaya sebagai solusi bagi satu permasalahan juga menjadi solusi pada sebuah segmen dimarket.
Point of View
Positioning adalah janji dan janji adalah sesuatu yang harus ditepati untuk menjaga kredibilitas perusahaan di mata konsumen. Banyak perusahaan yang kurang memperhatikan akan hal ini sehingga dengan dalih ingin menaikkan jumlah pendapatan. Banyak perusahaan yang mengambil jalan memperluas lini atau mencoba segmen baru yang menurut mereka mampu mendatangkan keuntungan. Namun, bukannya keuntungan yang mereka peroleh, malah kehancuran dan hilangnya kredibilitas masyarakat akan merek yang mereka miliki.
--------------------------------------
gambar di ambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIKUkV45ERqv5Dy4QREBsAfmR2P0n7a6uCvu0eedcLWe0hFiFN4U8WwkXzeSFo6TMrySQxHTptoB4IfoRVH8jX7H0yJFYPjIN0tmyO13Nhu7fDAof5Zf8xAPzMnKY-KJ-10gZSxhZ8p0E/s1600/Rebel-Brown-Quote-Positioning.jpg
0 komentar:
Posting Komentar