Sabtu, 14 Januari 2012

Memuat Perasan Saling Suka


Pernah mempunyai pengalaman tentang seseorang yang sangat tidak Anda sukai memuji-muji Anda atau datang untuk meminta nasihat Anda? Sangat sulit untuk tidak meyukai seseorang yang tidak hanya menyukai Anda tetapi juga menghormati Anda, bukan? Anda tiba-tiba dipaksa untuk mengepaluasi ulang perasaan Anda terhadapnya. Sekoyong-koyong, Anda melihatnya sebagai sesorang yang lebih menyenangkan daripada sebelumnya.
Lagi pula, Anda tidak ingin percaya bahwa dia bersikap tolol karena menyukai dan menghormati  Anda, sebab dia sangat memandang tinggi Anda! Tidak, Anda lebih suka untuk mengubah pemikiran kita mengenai orang lain itu dan menyimpulkan bahwa dia memang bukan orang yang buruk. Ini disebut afeksi resiprokal, yang secara sederhana bahwa kita cenderung menyukai, mengagumi, dan menghormati seseorang begitu  kita tahu bahwa ,mereka menyukai, mengagumi, dan menghormati kita.
Untuk menegaskan hokum ini, ceritakan kepada pihak ketiga (mungkin seorang kawan bersama) apa yang sesungguhnya Anda sukai dan hargai  mengenai penyabotase Anda- mungkin anda ingin mengungkapkan kekaguman yang tulus atas sesuatu yang telah dicapainya atau sesuatu yang diperjuangkannya. Begitu komentar Anda sampai kepada orang tersebut, Anda bias rileks dan menunggu apa yang terjadi kemudian. Anda akan takjub dengan betapa cepatnya dia akan berubah menjadi seorang sekutu Anda. Entah dia adalah rekan kerja, bos, asisten,tetangga, saudara sekandung, anak, atau mekanik mobil Anda, ingat: setiap orang perlu merasa bahwa dirinya dihargai.
Kini, Anda mungkin  bertanya-tanya, mengapa tidak saya sampaikan sendiri hal itu kepadanya? Anda bias melakukanny, tetapi Anda berisiko dia curigai sebagai orang yang tidak tulus atau sekedar berusaha memanipulasi dia agar menyukai Anda. Rahasia di balik keefektifan taktik ini adalah bahwa ketika kita mendengar sesuatu dari pihak ketiga, kita jarang mempertanyakan kebenaran dari cerita yang dikisahkan kepada kita, khususnya bila sesuatu itu adalah hal yang memang ingin  kita dengar.
-------------------------------------
Manajemen dalam: Memuat Perasan Saling Suka
gambar : soulmates

0 komentar:

Poskan Komentar